Website Kesehatan

Artikel-artikel informatif seputar kesehatan bagi awam

Manfaat Terapi Akupuntur untuk Penderita Kanker

kankerKanker adalah salah satu penyakit mematikan yang bisa membuat penderitanya meradang kesakitan dan akhirnya meninggal dunia. Beberapa jenis kanker memang bisa diobati karena sel-sel kanker belum menjalar dan masih terbilang belum parah. Untuk penyembuhan penyakit kanker biasanya dilakukan dengan operasi pengangkatan kanker atau dengan cara kemoterapi. Apapun pengobatan yang dilakukan, akan sangat berat bagi pasien dan juga keluarganya. Ketika terapi akupuntur mulai populer, banyak orang yang mengatakan bahwa penyakit kanker bisa disembuhkan dengan terapi tradisional asal Cina ini. Apakah itu benar? Hal tersebut tidaklah benar karena terapi akupuntur hanya sebagai pengobatan pendamping agar pasien bisa terus bertahan dari kanker yang dideritanya. Lantas apa saja manfaat terapi ini untuk penderita kanker?

Mengurangi rasa mual dan muntah

Rasa mual dan ingin muntah biasanya akan dirasakan oleh para penderita kanker yang sudah melakukan pengobatan kemoterapi. Hal ini terjadi karena efek samping dari pengobatan kemoterapi ini sendiri. Hal ini tentu sangat tidak menguntungkan karena penderita kanker dapat kehilangan nafsu makan dan juga kesadarannya. Untuk mengatasi masalah ini, terapi akupuntur sangat disarankan guna mengurangi atau menghilangkan rasa mual dan muntah paska melakukan kemoterapi. Memang hasilnya tidak instan karena terapi ini harus dilakukan berulang. Meskipun begitu, penderita kanker akan merasa lebih baik apabila melakukan terapi akupuntur.

akupuntur3

Meringankan rasa sakit

Baik sebelum atau sesudah operasi pengangkatan sel kanker, penderita kanker akan merasakan rasa sakit yang membuatnya harus menderita sepanjang hari. Kebanyakan penderita kanker akan mengkonsumsi obat-obatan penahan atau penghilang sakit agar dapat menikmati hidupnya. Sayangnya, itu bukanlah pilihan yang tepat karena obat-obat tersebut biasanya memiliki efek samping yang juga berbahaya bagi tubuh. Bayangkan jika efek samping tersebut berupa melemahnya sistem kekebalan tubuh, sesak nafas, pusing, mual, dan lain sebagainya. Penderita bukannya sembuh malah justru tambah sakit lagi.

Di lain sisi, terapi akupuntur menawarkan manfaat berupa meringankan rasa sakit baik untuk pasien yang belum atau sesudah melakukan operasi. Dengan terapi ini, syaraf-syarat dan sistem kekebalan tubuh pasien akan bekerja secara optimal sehingga rasa sakit yang diderita akan berkurang dan bahkan menghilang setelah melakukan beberapa kali terapi. Pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping sama sekali selama para penderita kanker memilih klinik akupuntur terpercaya dan profesional. Mereka akan ditangai oleh terapis berpengalaman sehingga resiko mengalami efek samping tidak akan ada.

Membuat tidur menjadi nyaman

Para penderita kanker biasanya tidak bisa tidur dengan tenang dan nyaman karena harus memikirkan beban yang dideritanya. Hal ini juga bisa disebakan karena pengobatan medis yang mereka lakukan. Tak heran apabila banyak penderita kanker yang memiliki badan yang kurus dan terlihat pucat karena mereka kurang istirahat. Masalah ini bisa saja diatasi dengan terapi akupuntur. Penderita kanker yang sudah diterapi akan merasa lebih ringan dan nyaman sehingga tidak ada rasa was-was dan tertekan ketika tidur. Hal inilah yang akan membuat mereka bisa tidur dengan nyaman. Memang hasil dari terapi ini tidak langsung instan, hasilnya bertahap. Pertama kali terapi, pasien biasanya belum terlalu bisa tidur nyaman tapi mereka sudah mulai bisa menghilangkan rasa tertekan mereka. Beberapa kali terapi, mereka pun akan bisa melihat hasilnya secara optimal.

Oya, sebelum melakukan terapi akupuntur, para penderita kanker sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan terapis dan menjelaskan tentang keluhan-keluhan yang dialami. Hal ini sangatlah penting agar pengobatan tradisional ini berjalan lancar dan hasilnya maksimal.

Tags: ,

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *